Senin, 20 Februari 2017

*“Memaknai Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2017 dengan Aksi Nyata”* Mari kita lakukan Aksi Nyata. SMP N 5 Pati dalam Rangkaian Kegiatan menyambut Hari Peduli Sampah.




Tiap tahunnya, masing-masing kota di dunia setidaknya menghasilkan sampah hingga 1,3 miliar ton. Diperkirakan oleh Bank Dunia, pada tahun 2025, jumlah ini bertambah hingga 2,2 miliar ton.
Fakta tentang sampah nasional pun sudah cukup meresahkan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di www.sciencemag.org Februari tahun lalu menyebutkan, Indonesia berada di peringkat kedua di dunia penyumbang sampah plastik ke laut  setelah Tiongkok, disusul Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka.
Menurut Riset Greeneration, organisasi nonpemerintah yang telah 10 tahun mengikuti isu sampah, satu orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun. Di alam, kantong plastik yang tak terurai menjadi ancaman kehidupan dan ekosistem.
Permasalahan sampah tak bisa dianggap enteng. Sampah bisa menimbulkan bencana, seperti yang terjadi dalam tragedi longsornya sampah di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 silam. Tragedi ini memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.

Sehubungan dengan HPSN ( Hari Peduli Sampah Nasional ) yang jatuh pada Hari Selasa, 21 Februari 2017 SMP N 5 Pati mengadakan berbagai macam kegiatan, diantaranya adalah Lomba Poster, Pameran kerajinan daur ulang sampah, dan Sapu Bersih sampah di lingkungan sekolah dan sekitarnya.



Tidak ada komentar: